Sunday, December 16, 2018

12:06 AM - 2 comments

Review Buku Nihongo Soumatome N2 Series


Hallo lagi semuanya, buat para pencinta buku pasti seneng banget nih review buku. Kali ini aku mau review buku bahasa Jepang yaitu buku NIHONGO SOUMATOME N2 series. Seperti yang kita tau ya temen temen bahwa soal soal JLPT itu ada soal kanji, vocabulary, grammar, reading dan listening. Nah biasanya kan dibagi jadi tiga sesi gitu, sesi 1 itu kanji dan vocabulary, sesi 2 grammar dan reading, sesi 3 listening. 

Hhmm tapi untuk N2 kalo ga salah cuma 2 sesi, sesi 1 itu kanji, vocabulary, grammar dan reading, sesi duanya baru listening. Kalo ga salah ya...

Nah karena ini buku asli dari Jepang, jadi agak susah dibeli di Indonesia, hanya ada di beberapa kota besar saja, itupun kalo toko bukunya khusus menjual buku impor dari Jepang asli. Kalo ga salah temen aku pernah beli tapi di Jakarta, nama toko bukunya itu Kinokuniya. Kinokuniya gak cuma ada di Indonesia aja tapi ada juga di beberapa negara lain.

Oke, sebelum kita mereview singkat, aku mau ngasih tau dulu nih kenapa buku ini recommended dan praktis banget. Pertama, buku ini dikonsep dengan materi yang beraturan per bab. Kedua, buku ini pun memiliki konsep agar pembaca mempelajari satu lembar per hari. Ketiga, topik yang dibicarakan itu menunjukkan gambaran kehidupan di Jepang. Dari 5 buku ini memiliki keterkaitan makanya disarankan kalo beli langsung sepaket. Tapi beli satuan juga gapapa sih hehe. Langsung aja kita review.

1. KANJI (漢字 / Kanji)

Seri pertama adalah kanji, karena dalam soal JLPT pun yang muncul adalah tipe soal kanji. Jadi, dalam buku ini ada tulisan 1日2ページ、8週間で完成. Jadi maksudnya adalah mempelajari dua halaman dalam 1 hari, dan bisa menyelesaikan buku ini selama 8 minggu alias 2 bulan. Wiihhh keren dong ya menguasai kanji N2 selama 2 bulan aja, termasuk cepat.

Aku juga mau spoiler nih tentang isinya. Isinya ada 8 bab. Jadi satu minggu itu satu bab. Nah di setiap bab itu ada topik topik yang sudah ditentukan, selain itu juga setiap lembarnya berisi tes kecil dan kunci jawabannya. Pokoknya terkonsep dengan baik banget buku ini tuh. 

Selain itu, di sebelah kanan ini ada foto buku yang tampak dari belakang, kalau keliatan itu di bawah ada tulisan berjajar ke bawah, nah itu tema tema di setiap babnya. Makin penasaran kan? Buat temen-temen yang ingin ikutan JLPT N2 di bulan Juli atau Desember, bisa pakai buku ini sebagai salah satu referensinya. 

Kalau dilihat dari ketebalannya, buku ini memiliki 159 halaman dan 15 halaman kunci jawaban + penjelasan. Karena ini buku ini asli dari Jepang, jadi harganya terbilang tidak murah. Di cover belakang buku ada tulisan 1.200 Yen, setara dengan Rp 150.000. Tapi menurut aku ini recommended banget soalnya isinya berkualitas, dan kertasnya pun tebal. Bagi pencinta kanji, ini bagus banget...

2. VOCABULARY (語彙 / Goi)

Setelah belajar kanji, pidahlah ke vocabulary jadi kanji-kanji yang sebelumnya dipelajari akan berguna untuk vocabulary hehe. Pengalaman waktu belajar N3 dari buku Soumatome ini, seri buku Goi nya mantap banget, mudah dipahami dan benar-benar menambah wawasan baru. Buat kamu yang sudah percaya diri buat ikut N2, jangan lupa baca buku Goi ini.

Sama seperti kanji, konsep buku ini juga menyarankan pembaca untuk membaca dua halaman setiap harinya secara rutin selama 8 minggu. Tapi materi yang sebelumnya dipelajari jangan lupa ya haha. Biasanya kan kalo ada materi yang baru, materi lama suka lupa. Semoga ga kejadian ya sama kita biar bukunya bener bener dikuasai.

Ketebalan buku ini adalah 147 halaman ditambah 4 halaman jawaban. Kenapa selalu ada jawaban? Karena setiap bab bahkan setiap harinya akan ada latihan kecil untuk mengasah kemampuan.

Dari cover belakang buku pun terlihat ada 8 tema / bab. Harganya pun sama yaitu 1.200 Yen atau Rp 150.000. Oh iya hampir lupa, buku Goi ini aku beli di Kinokuniya Singapore dan harganya itu $26.00 atau setara dengan Rp270.000. Gilaaaa mahal banget, aku baru nyadar. Temen aku juga beli di Jakarta harganya ga beda jauh sama di Singapore. Intinya kalo udah di ekspor jauh lebih mahal ya.. Jadi temen temen kalo mau beli buku asli Jepang mending langsung ke Jepangnya langsung biar gak mahal haha.
 
3. GRAMMAR (文法 / Bunpou)

Sama seperti sebelumnya, buku ini juga tuntas dalam 8 minggu jika setiap minggunya menyelesaikan 1 bab. Buku ini memiliki 8 bab yang juga membahas tema tema menarik. 

Banyak orang mengeluh saat JLPT itu Bunpou/Grammar nya susah, dan aku pun mengakui itu. Salah satu buku yang recommended buat belajar bunpou adalah Soumatome N2 ini. Pokoknya setiap tata bahasa yang dijelaskan ada contoh soalnya.

Dari segi ketebalan buku gak beda jauh sih sama yang sebelum sebelumnya, tebal buku ini adalah 146 halaman ditambah 6 halaman kunci jawaban. 
 
Ada yang lupa dijelasin, buku soumatome yang aku beli ini ada terjemahan dalam bahasa Inggris, Mandarin dan Korea. 

Ada seri baru yang terjemahannya bertambah yaitu pake bahasa Tailand. Bahasa Indonesia belom ada ya teman teman hahaha, berharap ada si sebenernya.

Dari segi harga juga sama, kalo beli di Jepang harganya 1.200 Yen atau Rp150.000, tapi kalau seri buku ini dibeli di luar Jepang bisa lebih mahal lagi. Oh iya, Seri bunpou ini juga ada 8 bab dengan pembahasan pola kalimat N2 yang membuat kepala pusing hehe. Tapi biar bagaimanapun ganbareba dekiru!

4. READING (読解 / Dokkai)

Selain bunpou, unsur yang bikin peserta JLPT pusing adalah Dokkainya. Bayangin aja satu lembar A4 isinya wacana untuk mengisi 1 soal saja. Berbeda dari 3 buku sebelumnya, buku dokkai ini memiliki 6 bab, alias dapat diselesaikan selama 6 minggu jika setiap hari mempelajari 2 halaman di buku. Terjemahannya pun sama yaitu bahasa Inggris, Mandarin, dan bahasa Korea.

Di buku ini juga diberikan latihan latihan soal beserta penjelasannya. Soal soal tersebut berhubungan dengan wacana seperti surat undangan, brosur, poster dan lain lain. Kalau orang yang pada dasarnya suka membaca tentu akan sangat senang dengan buku ini, walaupun isinya kanji semua.

Buku ini memiliki 111 halaman dan tambahan 8 halaman untuk jawaban. Harganya sama 1.200 Yen atau Rp 150.000.

Kalau temen temen lagi pengen ngebut belajar NOKEN/JLPT, aku saranin belinya seri buku ini sih soalnya jangka waktu belajarnya udah terkonsep. Apalagi konsep buku ini menuntut pembelajar bahasa Jepang paling lama belajar N2 itu 8 minggu, benar benar pencapaian yang luar biasa jika lulus N2 dengan waktu belajar 2 bulan. Tidak ada yang tidak mungkin ya hehe.

Oh iya satu lagi, belajar dokkai di buku ini berasa ringan bahkan tidak menjadi sesulit yang dibayangkan. Tinggal niat kita untuk konsisten belajar.

5. LISTENING (聴解 / Choukai)

Untuk listening dari berat bukunya saja sudah berbeda dari yang lain. Kalau ada yang mau beli buku yang Choukainya saja tidak apa apa ya teman-teman karena buku ini benar benar praktis.

Di dalamnya ada 4 bab. Jadi 4 minggu bisa mengerjakan hingga selesai. Buku ini pun dilengkapi dengan dua buah CD yang berisi audio listening. Audio listening tersebut langsung dari native speaker bahasa Jepang sehingga suara benar benar asli aksen bahasa Jepang. 

Setiap babnya memiliki konsep dan tema yang berbeda sehingga pembelajar tidak akan bosan mempelajari buku ini, apalagi bagi yang senang mendengar.

Yang berbeda lagi dari buku ini adalah harganya, yaitu 1.600 Yen atau setara dengan Rp 205.000. Yang ini jauh lebih mahal dari temen temennya ya.

Dari segi ketebalan, buku ini juga lumayan tipis karena dilengkapi oleh transkrip audio. Tebalnya adalah 70 halaman dan tambahan transkrip audio + jawaban 54 halaman.

Itulah sekilas review dari buku Soumatome N2 Series. Intinya adalah buku ini memberikan materi yang berkaitan dengan JLPT/NOKEN berupa latihan soal dan penjelasannya sehingga peserta ujian tidak kaget dengan bentuk soal JLPT. Semoga bermanfaat..

2 comments:

Haiii SEMUA PENCINTA POKER.!!! Ada kabar gembira nih...!!!
Kini kami S1288poker hadir untuk semua PECINTA POKER ^^
Dengan Promo yang sangat menarik lho ...!!
tunggu apa lagi kakak2 pecinta poker ^^
YUK..!! segera bergabung bersama kami..!!!
WEB TERCEPAT & TERBAIK pastiny TERPERCAYA SEINDONESIA.

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
BBM : 7AC8D76B
WA : 08122221680

Post a Comment