Saturday, December 15, 2018

10:24 PM - 1 comment

Review Buku SIMULASI UJIAN Kemampuan Bahasa Jepang level N5 dan N4


Sebelumnya aku udah bahas tentang buku Kias Sukses mencapai N5, N4 dan N3. Nah sekarang aku mau bahas buku Simulasi Ujian, tapi aku cuma punya yang N4 sama N5 aja. Di buku ini full latihan soal, masing-masing buku berisi 4 paket latihan soal beserta listening. Audio listeningnya ada di dalam CD yang dikasih udah sepaket sama bukunya. Di bawah ini penampakan CDnya hehe.


Buku ini juga sudah dilengkapi dengan kunci jawaban di dalamnnya. Kalo ada yang nanya bukunya tebel apa engga, itu relatif sih. Kalo yang N5 190 halaman sedangkan yang N4 225 halaman. Menurut aku buku ini menarik dan seru banget sih, kita jadi bisa mengukur kemampuan JLPT kita. Terus, harganya berapa kak? Jika dilihat di website resmi penerbitnya, Gakushudo gakushudo.com harganya yang N5 Rp 68.000, sedangkan yang N4 harganya Rp 85.000. 

Kalo ada yang nanya, kak ko ga beli yang N3 nya? Hhmmm jawabannya adalah ... karena gak keburu beli, ujiannya keburu di depan mata haha. Tapi kalo ada yang mau tau info harga buku Simulai Ujian tingkat N3 juga ada di website Gakushudonya, harganya Rp95.000. Karena aku gapunya bukunya, jadi aku gabisa bilang apa apa soal buku yang N3 hehe maaf ya.

Oh iya, perlu diinformasikan bahwa buku ini selain latihan soal dan kunci jawaban, ada penjelasan jawabannya juga loh. Jadi kan kadang orang suka gak percaya kenapa jawabannya beda sama kunci jawaban makanya ada penjelasannya dalam bahasa Indonesia.

Terus buat yang belum tau apa itu N5, N4 dan sejenisnya. Ini tuh ujian kemampuan bahasa Jepang, semacam TOEFL nya bahasa Jepang, namanya JLPT (Japanese Language Proficiency Test) atau Ujian Kemampuan Bahasa Jepang. Nah JLPT ini dibagi menjadi 5 level, N5 itu materi paling dasar, dan yang paling sulit itu di N1. Terus singkatan dari huruf N itu sendiri apa sih? 

Nah, JLPT dalam bahasa Jepang itu disebut 日本語能力試験 atau dibaca Nihongo Nouryoku Shiken, disingkat menjadi NOKEN, makanya nama levelnya disebut N5, N4 dan seterusnya. Gimana caranya lulus NOKEN/JLPT? Salah satu caranya adalah mengetahui bentuk soal biar pas hari-H ujian ga kaget sama bentuk soalnya, sama lah kaya UN harus kenal bentuk soal. Selain itu juga disarankan banyak latihan soal, salah satu buku latihan soalnya adalah Simulai Ujian Kemampuan Bahasa Jepang dari Gakushudo ini. Selain itu banyak juga sih buku latihan soal JLPT lainnya, tapi menurut aku, buku dari Gakushudo ini mudah didapatkan di toko buku maupun online hehe. 

Ganbarimashou!!!

1 comments:

www,s1288poker,com merupakan media permainan betting online yang menyediakan ruang bagi para pecinta betting , disini anda bisa menjadi The House (Bandar) maupun Player. Dilengkapi dengan server berkecepatan tinggi, dan Fitur permainan modern yang akan membuat Anda lebih nyaman dalam bermain. Chips dapat diuangkan kapan saja, proses aman dan cepat ! (PIN BBM : 7AC8D76B)

Post a Comment